Tips Glowing Alami, Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini

oleh

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat, bersih, dan bercahaya? Kulit yang glowing adalah impian banyak orang, terutama wanita. Namun, untuk mendapatkan kulit yang glowing, tidak cukup hanya dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mahal atau melakukan perawatan di salon, tetapi juga perlunya mengetahui tips glowing alami dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk, yang berdampak pada kulit.

Selain itu, kamu juga harus menjaga gaya hidup Kamu dan menghindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit Kamu. Lalu, kira- kira apa Tips Glowing Alami dengan menghindari kebiasaan buruk? Simak ulasan berikut ini.

1. Tidak menggunakan tabir surya

Tabir surya atau sunscreen adalah produk yang penting untuk melindungi kulit Kamu dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit kusam, kering, flek, keriput, bahkan kanker kulit.

Kamu harus menggunakan tabir surya setiap hari, baik saat beraktivitas di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Pilih tabir surya yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit Kamu, serta memiliki SPF (Sun Protection Factor) minimal 30. Aplikasikan tabir surya setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah dan ulangi setiap 2-3 jam.

2. Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang tidak hanya berdampak negatif pada kesehatan paru-paru, jantung, dan organ tubuh lainnya, tetapi juga pada kulit Kamu. Merokok dapat menyebabkan kulit Kamu menjadi kusam, kering, keriput, dan berjerawat.

Hal ini karena rokok mengandung nikotin dan zat kimia lainnya yang dapat mengurangi aliran darah dan oksigen ke kulit, serta merusak kolagen dan elastin yang bertanggung jawab untuk menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit. Jika Kamu ingin memiliki kulit yang glowing, segera hentikan kebiasaan merokok Kamu.

3. Tidur dengan make up

Tidur dengan make up adalah kebiasaan buruk yang dapat menyumbat pori-pori kulit Kamu dan menyebabkan timbulnya jerawat, komedo, dan iritasi. Make up yang tidak dibersihkan dengan baik juga dapat menghalangi proses regenerasi kulit yang terjadi saat Kamu tidur.

Oleh karena itu, Kamu harus membersihkan wajah Kamu dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Kamu sebelum tidur. Gunakan juga toner, pelembab, dan serum untuk memberi nutrisi dan kelembapan pada kulit Kamu.

4. Kurang minum air putih

Air putih adalah minuman yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit Kamu. Air putih dapat membantu mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh, serta menjaga kelembapan dan elastisitas kulit Kamu.

Kamu disarankan untuk minum minimal 8 gelas air putih setiap hari untuk mendapatkan kulit yang glowing. Hindari minuman yang mengandung kafein, alkohol, atau gula berlebih, karena dapat menyebabkan dehidrasi dan kerusakan kulit.

5. Stres

Stres adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kondisi kulit Kamu. Stres dapat menyebabkan kulit Kamu menjadi kusam, berminyak, berjerawat, dan sensitif. Hal ini karena stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol yang dapat merangsang kelenjar minyak dan menyebabkan peradangan pada kulit.

Untuk mengatasi stres, Kamu harus mencari cara untuk bersantai dan menenangkan diri, seperti meditasi, yoga, olahraga, hobi, atau berlibur.

Kamu juga dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan alami yang dapat menenangkan kulit, seperti lidah buaya, chamomile, atau lavender.

Cara Memilih Produk Perawatan Kulit Yang Tepat

Sebagai tambahan informasi, di bawah ini ada cara untuk memilih perawatan kulit agar glowing dengan tepat. Seperti yang kita tahu, produk perawatan kulit yang tepat adalah produk yang sesuai dengan jenis, kondisi, dan kebutuhan kulit Kamu. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Kamu lakukan untuk memilih produk perawatan kulit yang tepat:

1. Kenali jenis kulit Kamu

Jenis kulit dapat dibedakan menjadi lima, yaitu normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Kamu dapat mengetahui jenis kulit Kamu dengan menggunakan kertas minyak (blotting paper) untuk menyerap minyak di wajah Kamu.

Jika minyaknya sedikit atau tidak ada, Kamu mungkin memiliki kulit normal atau kering. Jika minyaknya banyak, Kamu mungkin memiliki kulit berminyak. Jika minyaknya hanya ada di bagian T-zone (dahi, hidung, dan dagu), Kamu mungkin memiliki kulit kombinasi. Dan jika kulit Kamu mudah iritasi, gatal, atau merah, Kamu mungkin memiliki kulit sensitif.

2. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Kamu

Setelah mengetahui jenis kulit Kamu, Kamu dapat memilih produk yang sesuai dengan karakteristik kulit Kamu. Misalnya, jika Kamu memiliki kulit kering, Kamu dapat memilih produk yang mengandung pelembap, seperti hyaluronic acid, glycerin, atau ceramide.

Jika Kamu memiliki kulit berminyak, Kamu dapat memilih produk yang mengandung bahan yang dapat mengontrol minyak, seperti salicylic acid, niacinamide, atau clay. Jika Kamu memiliki kulit sensitif, Kamu dapat memilih produk yang mengandung bahan yang dapat menenangkan kulit, seperti aloe vera, chamomile, atau green tea.

3. Perhatikan kandungan dan label produk

Sebelum membeli produk perawatan kulit, Kamu harus membaca kandungan dan label produk dengan teliti. Hindari produk yang mengandung bahan-bahan yang dapat merusak kulit, seperti alkohol, pewangi, paraben, atau sulfat.

Pilih produk yang memiliki izin edar dari BPOM dan tidak melebihi tanggal kedaluwarsa. Kamu juga dapat mencari review atau testimoni dari pengguna produk tersebut untuk mengetahui efektivitas dan keamanan produk.

4. Lakukan tes patch sebelum menggunakan produk

Tes patch adalah cara untuk menguji apakah produk yang Kamu pilih cocok dengan kulit Kamu atau tidak. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit produk di bagian kulit yang tidak terlalu terlihat, seperti belakang telinga, leher, atau pergelangan tangan.

Tunggu selama 24 jam dan perhatikan apakah ada reaksi alergi, seperti gatal, kemerahan, atau ruam. Jika tidak ada reaksi alergi, Kamu dapat menggunakan produk tersebut secara rutin. Jika ada reaksi alergi, Kamu harus menghentikan penggunaan produk tersebut dan mencari produk lain yang lebih cocok.

5. Rutin dan konsisten menggunakan produk

Produk perawatan kulit yang tepat tidak akan memberikan hasil yang maksimal jika Kamu tidak menggunakannya secara rutin dan konsisten. Kamu harus menggunakan produk perawatan kulit setiap hari, pagi dan malam, dengan urutan yang benar. Urutan penggunaan produk perawatan kulit yang umum adalah sebagai berikut:
– Pembersih (cleanser)
– Toner
– Serum
– Pelembap (moisturizer)
– Tabir surya (sunscreen) untuk pagi hari
– Masker atau eksfolian untuk beberapa kali seminggu

Kamu juga dapat menyesuaikan urutan penggunaan produk perawatan kulit dengan jenis dan jumlah produk yang kamu gunakan.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang harus kamu hindari jika ingin memiliki kulit yang glowing secara alami, dan cara memilih produk yang tepat untuk perawatan. Selain itu, kamu juga harus menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, serta cukup tidur setiap malam.

Dengan begitu, kamu dapat merawat kulit kamu dari dalam dan luar, serta mendapatkan kulit yang sehat, bersih, dan bercahaya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu. Selamat mencoba!