Tradisi Satu Periode Pimpin KNPI, Begini Amatan Mantan PH KNPI Batu Bara

oleh -129 views

Asahansatu || Pasca pemekaran Kabupaten Asahan menjadi Kabupaten Batu Bara, periodesasi kepemimpinan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Batu Bara berjalan hanya satu periode saja.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Batu Bara pertama kali dipimpin oleh Bung Hadi Suriono, yang kedua Safrijal, dan yang ketiga Juri Freza. Masing – masing tiga orang yang pernah memegang tampuk kepemimpinan KNPI Batu Bara hanya satu periode saja, dan yang keempat Oky Iqbal Frima mencoba merubah tradisi tersebut.

Demikian pernyataan Yusriadi Sitorus, mantan Pengurus Harian (PH) di KNPI Batu Bara, dari masa Hadi Suriono sampai Juri Freza, kepada wartawan saat berada di Holic Coffe, Blok 8 Kelurahan Lima Puluh, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara. Jumat (22/10/2020).

Memang tidak ada aturan yang tentang kepemimpinan Ketua KNPI Batu Bara hanya satu periode saja, sebut Yusriadi yang akrab dipanggil Ucok Sitorus.

“Tiga mantan Ketua KNPI Batu Bara sebelumnya mewarisi sifat regenerasi, dan itu hasil pengamatan kami sebagai mantan di KNPI Batu Bara,” tandas Yusriadi.

Ketika diperiode keempat Oky Iqbal Frima mau melanjutkan dua periode, itu dibuktikannya dengan mendaftar sebagai Bakal Calon Ketua KNPI Batu Bara.

Harusnya Oky Iqbal Frima, bisa belajar dengan senior – seniornya yang memberikan kesempatan untuk regenerasi, ucap Yusriadi.

Mantan Ketua DPD KNPI Batu Bara, Safrijal, saat dikonfirmasi melalui ponsel mengatakan, mengakui kalau dirinya hanya satu periode memimpin KNPI Batu Bara.

“Pada saat itu diakhir masa jabatan sebagai Ketua DPD KNPI Batu Bara tahun 2014, saya terpilih sebagai anggota Legislatif di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Batu Bara,” ungkap Safrijal yang sekarang sebagai Wakil Ketua DPRD Batu Bara.

Karena kesibukan saya sebagai Anggota DPRD Batu Bara maka saya tidak mencalonkan diri lagi di periode kedua, tambah Safrijal, “saat itu kalau saya kembali maju lagi saya optimis terpilih secara aklamasi,” tegas Safrijal.

Makanya lebih baik tongkat kepemimpinan KNPI saya serahkan kepada yang muda dan berpotensi, “artinya ya regenerasilah,” kata Safrijal sambil tertawa.

Terpisah, Juri Freza, mantan Ketua KNPI Batu Bara sesudah Safrijal juga mengatakan hal yang sama.

Kalau saya mau saat itu, bisa dipastikan terpilih secara aklamasi, namun itu tidak saya lakukan, alasannya sederhana saja karena kesibukan saya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), jelas Juri Freza yang juga mantan Plt Direktur Utama RSUD Batu Bara.

Dan saat itu kepemimpinan Ketua KNPI Batu Bara kita serahkan kepada Oky Iqbal Frima, yang juga sebagai Wakil Bupati Batu Bara dan terpilih secara aklamasi, terang Juri Freza yang sekarang menjabat Dirut RSUD Labura.

Saya berharap KNPI Batu Bara bisa memiliki jati diri dan mewarnai, serta mengayomi seluruh pemuda yang ada di Batu Bara, ulas Juri Freza yang akrab dipanggil Reza.

“Ketua KNPI itu harus bersikap seperti laki – laki, bukan sebagai anak laki – laki,” tutup Reza.

Saat dihubungi via whatsapp, Oky Iqbal Frima, belum menjawab dan paket jaringannya tidak aktif. (Plk)

No More Posts Available.

No more pages to load.