Wali Kota Tanjungbalai Bersama Forkopimda Panen Padi Perdana di Kampung Tangguh Sijambi

oleh -100 views

Asahansatu || Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial bersama Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira dan Forkopimda hari ini ikut langsung dalam kegiatan panen padi perdana di Kampung Tangguh Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, (Selasa, 9/3/2021)

Kampung Tangguh Sijambi yang berlokasi di Jalan Cermai Lingkungan V Kelurahan Sijambi Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai yang memiliki luas lahan kurang lebih 72 Hektar (Ha) yang juga binaan Pemkot Tanjungbalai melalui dinas pertanian dan Polres Tanjungbalai dimanfaatkan sebagai lahan bercocok tanam padi utuk menunjang kelangsungan lumbung pangan di masa pandemi covid-19 yang keberadaannya menunjang kebutuhan dan membantu warga masyarakatnya yang membutuhkan.

Panen padi perdana di kampung tangguh ini dihadiri Forkopimda Tanjungbalai, Ketua TP-PKK Tanjungbalai Hj. Sri Silvisa Novita, Kadis Pertanian Drh Muslim, Camat Datuk Bandar Abu Said, Lurah Sijambi Rosidah, para Kepala Lingkungan dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial mengatakan kita pahami bersama, bahwa program pemerintah pusat dan daerah dalam mencegahan wabah penyakit covid-19 perlu dibentuk kampung tangguh dalam rangka ketahanan pangan dan mengantisipasi kelangkaan pangan bagi masyarakat di Kota Tanjungbalai. Hal ini sejalan dengan tindak lanjut perintah Presiden Joko Widodo mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga tingkat terbawah atau desa/kelurahan. “Kampung tangguh mandiri bertujuan untuk menghadapi kebutuhan masyarakat, misalnya Covid-19 ini

Kegiatan panen kali ini dalam rangka mewujudkan masyarakat produktif dan meningkatkan ketahanan pangan di Kota Tanjungbalai. Padi merupakan komoditi utama masyarakat Indonesia, dan tentunya kita berharap program kampung tangguh dapat terus ditingkatkan, ujar Wali Kota

Lanjut Wali Kota, untuk selanjutnya kami (Pemkot Tanjungbalai) akan mempelajari pengalokasian program dana kelurahan untuk mensukseskan kampung tangguh yang mandiri.

“Mudah mudahan hari ini, dalam pelaksanaan panen padi perdana padi di kampung tangguh sijambi dapat membantu perekonomian masyarakat yang berada di Kelurahan Sijambi dan sekitarnya serta membawa berkah untuk masyarakat Kelurahan Sijambi,” pungkas Wali Kota H.M Syahrial

Sementara itu, Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha Prawira mengatakan Kelurahan Sijambi adalah salah satu kampung tangguh yang ada di Kota Tanjungbalai, sesuai laporan Kapolsek, Camat serta Lurah bahwa kampung tangguh ini berjalan dengan lancar. Harapan kami kedepannya, kampung tangguh ini semakin sukses sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo.

Jadi tujuannya, bahwa kampung tangguh ini, bisa membawa kesejahteraan dan ketahanan pangan untuk masyarakat Kelurahan Sijambi, jelas Kapolres.

Panen perdana padi ditandai dengan Wali Kota Tanjungbalai, Forkopimda, Ketua TP-PKK Kota Tanjungbalai bersama masyarakat melakukan panen perdana padi dan penggilingan secara manual.(*)