Walikota Medan Bobby Robohkan Bangunan Tanpa Izin di Kawasan Kesawan

oleh -610 views

Asahansatu || Menjabat Wali Kota Medan, Bobby Nasution langsung melakukan gebrakan di sektor pelestarian cagar budaya. Khususnya bangunan di kawasan Kesawan. Hari ini, Kamis (4/3/2021), Bobby bersama Kasatpol PP M Sofyan dan petugas terkait turun langsung menghancurkan bangunan di Kompleks Kesawan yang direnovasi dengan mengubah bentuk asli.

Tampak bangunan Eks Harian Portibi di Jalan Ahmad Yani Kota Medan dirobohkan dengan alat berat oleh Satpol PP dan petugas gabungan. Bangunan itu persis di depan gedung Warenhuis. Tindakan tegas menantu Presiden Jokowi ini berlangsung dengan pengawalan aparat dan tanpa perlawanan dari pihak manapun.

Dalam kesempatan itu, Bobby menjelaskan, sebelumnya Pemko Medan telah memberi teguran terhadap pihak pengelola. Namun, teguran tersebut dianggap tidak berefek dan pembangunan terus berlanjut.

“Ini IMB tidak ada. Sudah kita peringati dan surati, ini adalah kawasan yang tak boleh diubah. Terkhusus daerah Kesawan jangan merubah bentuk. Ikuti regulasi. Tempat ini harus kita lestarikan,” ujar Bobby.

Suami Kahiyang Ayu ini menegaskan akan fokus membangun Kompleks Kesawan untuk kawasan wisata.”Daerah Kesawan ini akan dimanfaatkan, wisata dan kuliner,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada Rabu (3/3/2021), Bobby Nasution sudah meninjau bangunan yang ramai dipersoalkan oleh penggiat sejarah itu.

Bobby menegaskan tidak boleh ada oknum masyarakat yang merusak bangunan tua di Kompleks Kesawan. Hal itu terlihat dalam postingan akun media sosial Facebook Bobby Nasution, Rabu (3/3/2021).

Begini tulisannya:
“Mendengar laporan bahwa salah satu heritage Kota Medan telah direnovasi oleh oknum yang tidak memiliki izin, saya dan Pak Wakil Walikota Medan Aulia Rachman langsung turun untuk menyidak oknum tersebut.

Hal seperti ini tidak patut untuk dicontoh. Pemko Medan tidak akan pernah memberikan toleransi atas hal-hal yang melanggar aturan.

Heritage Kota Medan harus kita lestarikan bersama, karena heritage merupakan bagian dari identitas Kota Medan,” demikian bunyi postingan Bobby Nasution.(**)