Seluruh Kepala Daerah Diminta Bangun Kota Cerdas

oleh
oleh

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) meminta kepada para Kepala Daerah untuk membangun kota-kota cerdas yang dengan fasilitas gratis bagi masyarakatnya. Saat ini kata dia, banyak daerah yang tidak peduli terhadap kepentingan umum.

Tjahjo mencontohkan, DKI Jakarta yang masyarakatnya harus merogoh koceknya untuk bisa menikmati fasilitas yang harusnya diberikan gratis. Seperti masuk ancol harus bayar, mau mandi di pantai harus bayar, masuk Ragunan harus bayar.

“DKI dengan PAD yang cukup besar, tapi sarana untuk fasilitas umum buat masyarkat DKI semakin lama semakin hilang, mereka mau mandi di pantai saja harus bayar, ini saya kira harus ada kebijakan untuk membebaskan warga untuk bisa masuk ke tempat umum tanpa dipungut biaya,” kata Tjahjo Kumolo di Jakarta, Jumat (15/9).

Ke depan kata dia, harus dipilih lagi kota-kota yang peduli akan kepentingan umum, bisa juga katanya dibuat kota yang peduli akan Hak Asasi Manusia (HAM). Kota yang banyak memberikan fasilitas umum secara gratis.

“Makanya kita minta Kepala Daerah untuk menyediakan fasilitas umum yang baik dan gratis bagi masyarakat,”ujarnya.

Fasilitas umum kata Tjahjo juga harus menjadi perhatian serius, seperti pembuangan sampah yang baik, sarana umum yang harus dipersiapkan dengan baik.

“Saya kira membangun kota-kota cerdas termasuk kabupaten cerdas menjadi bagian yang tidak terpisahkan, sehingga percepatan antar wilayah dan percepatan pembangunan akan bisa diwujudkan,” tegasnya. (dn)